Kick Off Praktisi Mengajar Angkatan 4 Periode Genap 2023-2024: UNUGIRI Siap Berkolaborasi dengan Praktisi Berpengalaman

unugiri.ac.id Bojonegoro – Dalam rangka persiapan kegiatan Praktisi Mengajar Angkatan 4 Kemendikbudristek, Direktorat Akademik dan Kerjasama Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) gelar Kick Off atau pembekalan Praktisi Mengajar Angakatan 4 pada Selasa (24/04/24).

Diketahui bahwa Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro menunjukkan prestasi gemilang, dengan lolos dalam Program Praktisi Mengajar Angkatan ke-4 Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Dari total 69 Rencana Kelas Kolaborasi (RKK) yang diajukan, UNUGIRI berhasil meloloskan 26 RKK. Kolaborasi ini akan melibatkan 16 dosen dari UNUGIRI dan 23 praktisi berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Wakil Rektor I Unugiri, Dr. H. M. Ridlwan Hambali, Lc.,MA., menyampaikan kepada peserta tentang pentingnya kolaborasi program praktisi mengajar Kemdikbudristek.

“kelas kolaborasi praktisi merupakan pembelajaran yang melibatkan kerjasama erat antara praktisi ahli dan dosen perguruan tinggi untuk saling bertukar ilmu dan keahlian secara mendalam. Kolaborasi ini diwujudkan melalui mata kuliah yang diajarkan di kelas. Diharapkan melalui program ini, para lulusan akan mendapatkan ilmu dan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan dunia kerja,” tegasnya.

Berbeda dengan perkuliahan pada umumnya di perguruan tinggi, Beliau juga menegasakan program tersebut dapat menjadi pelengkap kurikulum yang telah berjalan dan berguna untuk melengkapi keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan mahasiswa dalam dunia kerja.

“kelas kolaborasi program praktisi mengajar berbeda dengan perkuliahan biasa di perguruan tinggi. Di samping menghadirkan ruang kolaborasi antara dosen dan praktisi berpengalaman selama satu semester, program ini melengkapi kurikulum yang ada dan membantu mahasiswa mendapatkan keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan di dunia kerja,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Akademik dan Kerjasama Unugiri, Ainu Zuhriyah, S.Kep., Ns., M.Pd.,  sangat bersyukur adanya jumlah peningkatan kelas kolaborasi di tahun 2024 di Unugiri.

“syukurlah, jumlah kelulusan pada angkatan ke-4 mengalami peningkatan signifikan dibandingkan angkatan sebelumnya. Angkatan ke-4 berhasil meloloskan 26 RKK, jauh melebihi angkatan ke-3 yang hanya 13 RKK dan angkatan ke-2 yang hanya 6 RKK,” ucapnyanya.

Beliau berharap semoga dengan kegiatan ini para praktisi dapat memberikan wawasan serta pengalamannya kepada mahasiswa.

“Kelas kolaborasi yang kita laksanakan terutama eksternal ini akan memberikan penyegaran ilmu dan keterampilan yang nantinya akan berguna untuk mahasiswa Unugiri,” ungkapnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang program Praktisi Mengajar 4 oleh Kabid MBKM UNUGIRI, Lisa Aminatul Mukaromah, M.S.I. dan diakhiri bimbingan teknis yang dilakukan Kabid Kurikulum & RPL sekaligus Koordinator Dosen Praktisi Mengajar 4, Midya Yuli Amreta, M.Pd.

Acara pembekalan atau Kick Off Praktisi Mengajar 4, dihadiri oleh Dosen-dosen UNUGIRI yang lolos program ini serta dihadiri juga oleh para Praktisi dari berbagai kalangan yaitu ASN, Hakim,TNI, Guru, Tenaga Medis, Apoteker, Laboran,  Pegawai Swasta serta Wiraswasta.

Leave a Reply

Pilih Bahasa »