unugiri.ac.id Bojonegoro – Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro melalui Direktorat Administrasi dan Sumberdaya, telah menyelenggarakan sosialisasi (daring) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dosen mengenai pengajuan jabatan fungsional dan pemadanan data dalam Sistem Informasi SISTER, pada Jum’at (26/07/2024). Acara ini dihadiri oleh seluruh dosen UNUGIRI dan merupakan bagian dari upaya universitas untuk memastikan bahwa setiap dosen memahami dan dapat menjalankan proses administrasi dengan efektif.
Sosialisasi ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform Zoom Meeting, untuk memudahkan partisipasi dari seluruh dosen di berbagai lokasi. Dalam sesi tersebut, materi disampaikan melalui kolaborasi antara Kepala Bidang SDM, Suttrisno, M.Pd., Staf Direktorat Administrasi dan Sumberdaya, Ainun Jariyah, S.S., Staf Direktorat Akademik dan Kerjasama, Andhika Nopratama Nugraha, S.Kom., dan Staf Direktorat Kelembagaan Publikasi dan Pengembangan, Muhammad Abid Muzakki, S.Pd., para pemateri memberikan penjelasan mendetail mengenai proses pengajuan jabatan fungsional, termasuk persyaratan yang harus dipenuhi, dokumen yang diperlukan, serta tahapan-tahapan yang harus dilalui.
Selain itu, acara ini juga menyoroti aspek penting dari pemadanan data dalam Sistem Informasi SISTER, yang merupakan platform penting untuk pengelolaan data akademik dan administrasi dosen. Pemadanan data yang akurat sangat krusial untuk evaluasi kinerja, pengembangan profesional, dan berbagai kepentingan administratif lainnya. Dalam sesi ini, para dosen diberikan simulasi praktis mengenai cara memeriksa dan memperbarui data mereka dalam sistem, serta bagaimana mengatasi masalah yang mungkin timbul.
Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor IV UNUGIRI Bidang Administrasi dan Sumberdaya, Dr. Hj. Ifa Khoiria Ningrum, S.E. M.M., dalam sambutan beliau menegaskan bahwa memanfaatkan masa transisi dalam kenaikan jabatan akademik ini sangat penting, serta melakukan pemadanan data di SISTER sebagai langkah awal untuk persiapan pengajuan kenaikan jabatan akademik.
“Sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan Kemdikbudristek tentang Proses pengajuan kenaikan jabatan fungsional dosen diketahui sudah dialihkan ke laman SISTER. Mendukung proses transisi ini, dosen berkewajiban melakukan pemutakhiran data. Dengan pengetahuan yang lebih baik tentang prosedur ini, kami berharap proses pengajuan jabatan fungsional dan pemadanan data akan berjalan lebih lancar, dan pada akhirnya, meningkatkan kualitas administrasi akademik Dosen di UNUGIRI,” tegas Dr. Hj. Ifa.
Acara ini juga menyediakan sesi tanya jawab yang memungkinkan dosen untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada para pemateri, serta berbagi pengalaman maupun persoalan yang mereka hadapi. Dengan demikian, UNUGIRI berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan profesional dosen dan memastikan bahwa semua aspek administrasi akademik dapat dilakukan dengan baik. Diharapkan dari sosialisasi ini, seluruh dosen di UNUGIRI dapat lebih siap dalam mengajukan jabatan fungsional dan memastikan bahwa data mereka di SISTER telah sesuai dan akurat.