Siap melaksanakan IKM, Pasca Sarjana UNUGIRI bersama MGMP PAI SMP dan MTs Kab. Bojonegoro Gelar Worshop

Dokumentasi WORKSHOP PAI – LIPK UNUGIRI

LIPK UNUGIRI – Untuk mempersiapkan diri dalam melaksanakan implementasi kurikulum Merdeka (IKM) saat ini, Pasca Sarjana UNUGIRI bersama MGMP PAI SMP dan MTs Kab. Bojonegoro menggelar workshop IKM dengan tema “Memahami CP, TP, ATP, Mapel PAI di SMP/MTs” yangberlangsung dari pukul 07.00-16.00 WIB di Auditoruim Hasyim Asyari UNUGIRI (1/8/22)

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh guru MGMP PAI SMP dan MTs Kab. Bojonegoro, dengan mendatangkan narasumber Pelatih Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru PAI yaitu Dr. Nanik Nurhayati, M. Pd. I. Selain itu ada juga ketua MGMP PAI SMP (Drs. H. Mariyadi, M. Pd. I dan juga ketua MGMP PAI MTs (Ainur Rofiq, S. Ag. MA)

“Kurikulum terus berubah, gurulah yang akan menentukannya, sehingga kita harus membuka diri untuk mengubah paradigma ,” tegas Direktur Pasca Sarjana UNUGIRI Dr. Hj. Sri Minarti, M. Pd. I. saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara.

Hal senada juga disampaikan Dr. Nanik Nurhayati, M. Pd. I. disela-sela pempaian materi, bahwasanya “Seorang pengajar/guru perlu kualifikasi pembelajaran sebagai bentuk menghadapi tantangan zaman yang dinamis dan semakin canggih”, tuturnya.

“Semoga dengan workshop ini bisa terus meningkatkan kapasitas dan kualitas para peserta dalam memahami Implementasi Kurikulum Merdeka,” tambahnya.

Bu Nanik, pemateri workshop IKM menuturkan, materi yang disampaikan yaitu arti penting dari IKM, bagaimana cara penerapan IKM di kelas dan sekolah serta cara membuat RPP berdifirensi yang menarik.

“Agar kegiatan ini dapat dijadikan sebagai Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB). Di samping itu juga untuk melihat bagaimana pemahaman kita mengenai materi yang telah disampaikan,” tutupnya.

Selama workshop IKM berlangsung, peserta memiliki semangat untuk mempersiapkan diri dalam menerapkan Kurikulum Merdeka yang baru saja diluncurkan pada awal tahun 2022 ini sebagai bagian dari upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan juga peningkatan kesenjangan pembelajaran yang dialami peserta didik.

Oleh : (Amina Z.)

Leave a Reply

Pilih Bahasa »