Dosen dengan Usaha Beromzet Puluhan Juta Rupiah

  • -

Dosen dengan Usaha Beromzet Puluhan Juta Rupiah

Category : News

Jiwa berbisnis dan mendidik telah melekat padanya. Bahkan Dosen Program Studi Teknik Mesin Fakultas Sains dan Teknologi UNUGIRI ini mampu memberdayakan masyarakat sekitar Desa Pomahan Kecamatan Baureno untuk menunjang kemajuan bsinisnya di bidang mebel furnitur dan pertanian.

20170105_114423_hdrTerik matahari yang tak begitu menyengat di SMKN Baureno tempat Agus mengajar. Agus memiliki usaha sampingan sejak ayahnya meninggal sekitar 4 tahun yang lalu. Pria kelahiran 24 September 1992 itu juga mempunyai bisnis di bidang pertanian dengan 5 orang yang digaji harian Rp 70 ribu – Rp 80 ribu untuk mengubah lahan yang tidak tergarap atau kosong menjadi lahan yang produktif dengan cara melihat peluang harga jual pasca panen seperti bibit cabe dan terong. Statusnya sekarang selain sebagai dosen juga guru tidak tetap di SMKN Baureno. Hasil gaji digunakan Agus sebagai modal usaha yang sedang ditekuninya sekarang.

Alumni S1 Teknik Mesin Otomotif Unesa dan S2 Teknik Industri ITATS ini punya pengalaman lucu ketika SMA. “Saya dulu pernah tercebur bersama sepeda motor saya saat menyebrang di Bengawan Solo untuk berangkat ke sekolah,” ujarnya sambil penuh senyuman. Cerita singkatnya adalah gemblengan kehidupan yang telah dia lalui penuh dengan ketabahan dan kesabaran sehingga dia mampu menyelesaikan studi S1, bahkan studi S2 telah dia selesaikan dengan lancer.

Bisa dibilang Agus ini adalah sosok cah jonegoro yang sangat penuh aksi dan bukti. Dia bias mengabdi sebagai guru dan dosen di usianya yang masih 24 tahun, sekaligus dia seorang pengusaha muda yang telah memiliki omzet hingga puluhan juta. Terlebih lagi, Agus mampu memberdayakan masyarakat yang berada di sekitar desanya untuk diajak bekerja, setidaknya ada 14 orang yang membantunya. (disadur dari Radar Bojonegoro 05/01/17)