77 total views

Bojonegoro, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro, khususnya Prodi Bimbingan Konseling (BK) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) kembali berhasil menggelar seminar online/ webinar   dan workshop yang bertema “Peran Guru BK Sebagai Penggerak dan Pengawal Kemerdekaan Belajar”. Seminar ini menghadirkan pemateri utama yaitu Dr. Muslihati, S. Ag,. M.Pd selaku Ketua Jurusan Bimbingan Konseling Universitas Negeri Malang (UM)  dan Eni Usmawati, M.Pd., Selaku Widyaiswara BK P4TK BK Penjas dan dipandu oleh moderator sekaligus Dosen muda BK UNUGIRI, Vesti Dwi Cayaningrum, M.Pd.

Seminar ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom in dan disiarkan secara live via youtube pada kanal UNUGIRI TV. Seminar yang dibuka oleh Rektor UNUGIRI, Bapak Dr. H. M Ridlwan Hambali, Lc, juga berhasil menghadirkan Bapak Dandi Suprayitno, AP, M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro. Pak Dandi, begitu sapaan akrabnya mengutarakan bahwa dengan adanya seminar online akibat masih dalam masa pandemi Covid-19 sangat bermanfaat sekali. Pasalnya, menurut Beliau memaparkan bahwa adanya musibah pandemi Covid-19 mengakibatkan degradasi semangat dalam menuju bangsa yang merdeka belajar dan Covid-19 juga mengguncang tingkat psikis dari tingkat Lembaga-lembaga khusunya Lembaga Pendidikan, para orang tua, siswa, dan masyarakat lainnya. Beliau menambahkan bahwa dengan diadakannya seminar ini yang bertepatan di tengah pandemic ini, diharapkan BK mempunyai peran lebih dalam merangsang dan membangkitkan kembali seluruh komponen agar dunia Pendidikan lebih optimal. Dinas Pendidikan Bojonegoro-pun akan sangat terbuka dengan adanya masukan dari masyarakat, penjalinan kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam menggagas merdeka belajar. Sambutan kemudian dilanjutkan oleh Ketua Prodi BK UNUGIRI yaitu Ibu Zeti Novitasari, M. Pd, diikuti oleh Dekan FKIP UNUGIRI yaitu Ibu Astrid Chandra Sari, M.Pd serta Dosen muda BK UNUGIRI, Bapak Edwindana Mareza Putra, M.Pd.

Peserta seminar online ini diikuti oleh berbagai kalangan seperti mahasiswa S1 UNUGIRI, alumni S1 UNUGIRI, mahasiswa luar kampus UNUGIRI, Guru BK, Para Dosen BK, pengawas BK, masyarakat umum dari berbagai daerah dan dan pihak-pihak yang bersinggungan langsung dengan dunia Pendidikan khususnya berkaitan dengan Bimbingan dan Konseling dimana mereka diharapkan mendapatkan pemahaman mendalam tentang guna dan arah perkembangan kerja bimbingan dan konseling dari pola responsif menuju komprehensif  dan mereka memahami pola pelayanan-pelayanan bimbingan yang mengarah pada bagaimana merdeka belajar tercapai dengan sentuhan BK disegala situasi walaupun efek pandemic.

Acara ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada hari senin tanggal 31 Agustus 2020 dan melibatkan pemateri ke-1 yaitu Dr Muslihati, S. Ag., M.Pd yang membahas bagaimana peran Guru BK sebagai penggerak kemerdekaan. Beliau memaparkan adanya peran khusus dari manajemen dan supervisi, para Guru mata pelajaran dan Guru bimbingan dan konseling atau koselor mewujudkan perkembangan yang optimal peserta didik. Beliau juga menambahkan tentang konsep merdeka belajar dan bagaimana peran BK menuju arah itu. Untuk lebih jelasnya, bisa disaksikan pemaparan detail beliau pada laman youtube https://www.youtube.com/watch?v=bNAhndZtmTI&t=298s. Pada hari berikutnya, yaitu tanggal 1 september 2020 , tepatnya hari selasa. Webinar untuk sesi dua berlanjut dan berjalan dengan baik. Materi yang disampaikan oleh pemateri ke-2 yaitu, Ibu Eni Usmawati, M.Pd dapat di akses melalui laman berikut https://www.youtube.com/watch?v=ioX7v3JPNis. Beliau menjelaskan beberapa pokok materi bagaimana pendidik Menyusun RPP/RPL yang memuat capaian High Order Thingking Skill (HOTS) dan inspiratif.