101 total views

Walaupun masih kondisi pandemi akibat Covid-19, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro tiada henti-hentinya kembali hadir dalam memberikan kontribusi kepada seluruh civitas akademika UNUGIRI dan masyarakat luas demi terbentuknya Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, yang  mampu beradaptasi terhadap tantangan zaman terlebih akibat globalisasi yang tidak bisa dihindari bahkan dengan hal yang tidak bisa kita prediksi dan kita control, salah satunya mewabahnya pandemik Covid-19. Dengan kinerja tim panitia yang solid dan masih dalam koridor anjuran Pemerintah tentang protokol kesehatan, FKIP UNUGIRI tepatnya pada hari senin, 24 Agustus 2020 menghadirkan salah satu program penting yaitu webinar yang bertema STRATEGI MEMBACA PELUANG KERJA: “SURVIVAL GUIDANCE IN THE NEW MEDIA AGE”. Acara seminar berlangsung secara online melalui aplikasi zoom in selama kurang lebih dua jam ini menghadirkan pemateri-pemateri unggul yang professional dan kompeten pada bidangnya masing-masing yaitu Ibu Ibu Risa Santoso, BA., M.Ed,sebagai pemateri ke-1 dan merupakan Rektor ITB Asia Malang dan pemateri kedua yaitu Ibu Dr. Ifa Khoiria Ningrum, S.E.,MM dan merupakan Wakil Rektor II UNUGIRI.

Banyak animo masyarakat yang masih percaya bahwa dengan kita dinyatakan lulus dari suatu Universitas dan menjadi seorang sarjana, magister dan tingkatan-tingkatan berikutnya, kita akan memiliki peluang besar untuk memperoleh pekerjaan yang kita harapkan. Namun nyatanya, saat ini zaman sudah berubah, perusahaan atau instansi tidak semata-mata mencari lulusan yang memiliki nilai akademis tinggi, tetapi ada faktor lain yang harus dipertimbangkan salah satunya adalah softskill yang harus dimiliki oleh para setiap lulusan khusunya mengenali potensi diri, bagaimana melihat dunia luar serta tanggap kondisi perubahan alam yang tidak bisa kontrol  sehingga semua lulusan dari universitas berkesempatan mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Dengan adanya kondisi seperti itu, FKIP UNUGIRI berusaha untuk memberikan jawaban serta pencerahan agar mahasiswa(i) UNUGIRI dan peserta seminar dari luar kampus mendapatkan pengetahuan sehingga akan memberikan manfaat untuk kedepannya yang akan terjun pada dunia kerja melalui pengadaan webinar online ini

Acara seminar ini di hadiri oleh peserta dengan jumlah kurang lebih 250 peserta dan videonya bisa dilihat di kanal youtube UNUGIRI TV dengan alamat https://www.youtube.com/watch?v=mGZujXyFqMc. Penjelasan yang disampaikan oleh Ibu Risa berkenaan dengan Strategi Membaca Peluang Karir Di Era 4.0 Dalam Masa Pandemik dan kemudian disusul materi yang berikutnya yaitu Tantangan Dan Peluang Dalam Menghadapi Dunia Kerja Dalam Masa Pandemik oleh  Wakil Rektor II kita, Bu Ifa. Kedua materi tersebut saling terpadu dan terkait sempurna.

Menurut Bu Astrid Chandra Sari yang selaku Dekan FKIP UNGIRI mengatakan bahwa kegiatan ini memang sangat diperlukan guna memperoleh pengalaman dan wawasan lebih mendalam. Sementara itu, Bu Zeti selaku ketua panitia seminar ini juga menambahkan bahwa kegiatan positif ini semoga berdampak positif pada masyarakat sehingga mampu bertahan dan beradaptasi dengan dunia luar khususnya dalam meniti karir atau baru memulai karir. “Sebelumya saya mau mengucapkan terima kasih banyak kepada semua tim yang telah bekerja dan semoga webinar ini menjadi salah satu tombak menyongsong masa depan dan mampu bertahan walaupun kita masih dilanda pandemi covid-19, aamiin” Imbuh Bu Zeti.