Guna mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 yang semakin mewabah, Kampus yang belokasi di jalan ahmad yani no 10 Bojonegoro, Univesitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (UNUGIRI) Bojonegoro juga ikut beperan aktif mnghadapi pandemic dengan membentuk tim khusus yang diharapkan mampu memberikan peran positif kepada sivitas akademika UNUGIRI dan masyarakat luas, khususnya warga sekitar bojonegoro.  Tim tersebut tebentuk dalam wadah yang solid benama “Gugus Tugas Covid-19 UNUGIRI” yang diketuai oleh Mula Barata dan diikuti oleh beberapa anggota lainnya.

Beberapa program yang telah di lakukan sejak maret 2020 di antaranya adalah memasang set tempat cuci tangan di sejumlah titik kampus dan sertai dengan pamflet kecil yang berisikan himbauan dalam memtutus dan mencegah penularan covid-10 yang disesuaikan dengan protocol kesehatan yang telah diinfokan oleh Pemerintah. Selain itu, Tim Gugus tugas ini juga memporduksi Hand-sanitizer yang mengacu acuan standar WHO di laboratorium Farmasi UNUGIRI untuk dibagikan dalam skala terbatas. Tak kalah penting lainnya, Tim juga membuat video tentang bagaimana masyarakat bisa mencegah penyebaran virus. Materi yang disampaikan  bekaitan dengan pentingnya penerapan physical distancing, penggunaan masker, etika saat batuk dan besin serta betemu orang, kewaspadaan dalam menggunakan fasilitas umum, cara mempekuat sistem imun, dan bebeberapa anjuran penting lainnya seperti bijak dalam menggunakan media social, belajar di rumah, bekerja di rumah dan menunda dulu untuk kegiatan mudik. Video dapat di tonton melalui link berikut : https://youtu.be/ReT7C__aUe8

Kegiatan yang lain yang tak ketinggalan adalah pemberian bantuan secara lansung kepada masyarakat di berbagai titik Bojonegoro dan sekitarnya yaitu kemarin pada hari Rabu, 29 April 2020 dan bertepatan pula pada bulan  suci Ramadhan hari ke-enam. Usai sholat ashar, tim gugus tugas yang bekerja sama dengan BEM Universitas dalam membagikan bantuan yang berupa bahan-bahan yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai penunjang alat pelindung diri, masker dan sejumlah bahan pokok.

Alhamdulillah masyarakat menyambut positif kegiatan amal tersebut. Telihat ekspresi mereka saat meneima satu paket yang diberikan panitia secara begantian. Pemberian bantuan tesebut merupakan bagian dari program kampus UNUGIRI yang sesuai dengan visi serta misi utama kampus yakni bekaitan dengan pengabdian kepada masyarakat dan membangun negeri ini.

Dalam kesempatan tesebut, Mula Barata juga menyampaikan betapa pentingnya masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan, kesehatan tubuh yang optimal, melakukan physical distancing serta hal-hal penting sesuai protocol anjuran pemerintah guna mendukung memberantas wabah ini. “Semoga wabah ini segera berakhir dan semoga bantuan yang tak seberapa ini menjadi berkah bagi sesame, amiiin” Pungkas Mula